Pelatihan SID di Kabupaten Pacitan

Administrator 27 September 2018 05:31:21 WIB

Kasihan.kabpacitan.id-Untuk memaksimalkan potensi desa, baik dalam hal pelayanan publik dan mewujudkan keterbukaan informasi publik , Pemerintah Daerah dalam hal ini  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) Kabupaten Pacitan menggelar Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID).

Kegiatan yang diikuti oleh 24 desa pasif SID ini berlangsung dari tanggal 24-25 September 2018 di Hotel Remaja Pacitan.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Pacitan Sanyoto dalam sambutan pembukaannya mengatakan, bahwa penerapan Sistem Informasi Desa (SID) merupakan amanat Undang Undang  Nomor  06 Tahun 2014 tentang Desa dan ditindaklanjuti oleh Perbup Pacitan Nomor 39 Tahun 2018. “Kedepan pemerintah desa harus lebih bisa terbuka dan transparan serta akuntabel, baik dalam hal pelayanan maupun pelaksanaan pembangunan di desanya, Sistem Informasi Desa ini merupakan kerangka digital yang akan memudahkan pemerintah desa merencanakan pembangunan sekaligus membuka ruang masyarakat untuk mengakses informasi seputar desannya,” tukas Sanyoto, Senin (24/9).

Diakui Sanyoto, dengan tersistemnya data dan informasi dalam website desa, selain memudahkan pemerintahan desa dalam menggali potensi dan merecanakan pembangunannya juga sangat menghemat waktu pada sistem pelayanan publik di desa. “Tentu masyarakat kita ingin pelayanan yang cepat dan efisien, selain itu mereka juga ingin mengetahui apa saja yang telah dilakukan desa dalam memajukan pembangunannya,” tandasnya.

Kegiatan pelatihan operator SID ini juga melibatkan narasumber dari KOMPAK Pacitan dan Trainer SID dari desa Ngumbul dan Tahunan. “Materi yang kita sampaikan merupakan materi dasar pengenalan pentingnya SID di Desa dan cara mengoperasikan aplikasinya sehingga kedepan Desa dapat mengakses informasi dengan cepat dan mudah,” ungkap Irwandi dari KOMPAK Pacitan. (Lilik Dwi E)

Komentar atas Pelatihan SID di Kabupaten Pacitan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kasihan

tampilkan dalam peta lebih besar